DISTAN SALURKAN BANTUAN BIBIT KARET DAN KELAPA SAWIT.

DISTAN SALURKAN BANTUAN BIBIT KARET DAN KELAPA SAWIT.
Penyaluran Bibit Karet

Guna Meringankan Beban Petani...

DISTAN SALURKAN BANTUAN BIBIT KARET DAN KELAPA SAWIT.

Pulau Punjung - Bantuan bibit karet dan kelapa sawit bagi kelompok tani dan masyarakat telah dicanangkan oleh Bupati Dharmasraya Sutab Riska Tuanku Kerajaan , SE di Jorong Padang Hilalang Nagari Banai Kecamatan IX Koto (14/7) yang lalu bertepatan dengan Acara Pembukaan Goro Masal dan Kemah Bhakti Distan Tahun 2017. Pada kesempatan itu, Bupati pilihan rakyat ini menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan kelompok tani berupa bibit karet dan kelapa sawit tahun anggaran 2017 sebagai simbol dimulai kegiatan ini oleh OPD Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya. Program ini disambut antusias oleh masyarakat dilihat dari jumlah usulan/proposal yang masuk dan dikhawatirkan melebihi kuota yang ada.

Untuk bibit karet, jumlah bibit yang dialokasikan sebanyak 110.000 batang okulasi dengan varietas PB 260 melalui Dana Tugas Pembantuan/ TP-APBN dengan luas 200 hektar. Disamping bantuan bibit, petani juga dibantu pupuk 30 ton dan fungisida sebanyak 200 liter. Saat ini bibit karet tersebut sudah didistribusikan kepada 6 kelompok tani yakni kelompok tani Ujung Tanah Kecamatan Pulau Punjung ( 17.050 batang), Tani Makmur Nagari Kurnia Selatan Kecamatan Sungai Rumbai (15.400), Semoga Jaya Nagari Padukuan Kecamatan Koto Salak (27.500 batang), Sungai Lingkitang Nagari Siguntur Kecamatan Sitiung (22.550 batang), Tuah Sakato Jaya Nagari IV Koto Pulau Punjung Kecamatan Pulau Punjung (13.750 batang) dan Pulau Jaya Nagari IV Koto Pulau Punjung Kecamatan Pulau Punjung (13.750 batang) seperti yang diungkapkan oleh Martin Effendi, S.Hut, MM (Kepala Bidang Perkebunan) didampingi oleh Husnizar (Kasi Produksi) selaku pelaksana teknis lapangan.

Sementara bantuan bibit sawit melalui dana APBD Kabupaten Dharmssraya akan disediakan sebanyak 54.800 batang dan siap dusalurkan dalam waktu dekat. Secara fisik dan umur bibit sebenarnya siap kita salurkan , namun masih menunggu proses pengesahan Peraturan Bupati Dharmasraya mengenai mekanisme yang akan digunakan, pada prinsipnya kita mengusulkan bantuan bibit gratis, ujar Darisman, S.Si, MM selaku Kepala Dinas Pertanian. Diharapkan dengan penggunaan bibit unggul komoditi karet dan kelapa sawit sebagai primadona, penyumbang PDRB terbesar dan urat nadi sebagian besar penduduk Kabupaten Dharmasraya ini dapat meningkatkan produksi dan pendapatan petani.

AYO......MULAI SEKARANG KITA GUNAKAN BIBIT UNGGUL BERMUTU .....

Share Berita

Komentar Berita